Sistem operasi Windows XP memiliki sebuah fitur yang memungkinkan kita mem-pause aktifitas kita di depan komputer untuk sementara, ya.. fitur “Hibernate” namanya. Dengan fitur ini kita bisa mematikan komputer kita kemudian menghidupkannya lagi dalam keadaan yang sama persis ketika kita meng-hibernate-nya.

Fitur ini sangat berguna terutama untuk para pengguna laptop, contoh kasusnya adalah seperti ketika kita sedang mengerjakan sesuatu dengan membuka banyak program di laptop kita, trus batere laptop kita sudah mau habis, nah daripada kita close satu persatu semua programnya kemudian men-shutdownnya, mendingan kita hibernate saja laptop-nya supaya nanti pas dihidupkan lagi kita tidak perlu capek-capek buka lagi programnya satu persatu.

Kalau untuk komputer desktop (kalau saya tidak salah ya) fitur hibernate ini secara default masih disable, jadi untuk men-enable atau mengaktifkannya kalian harus masuk ke Control Panel, berikut tahapan-tahapan untuk mengaktifkan fitur hibernate di sistem operasi Windows XP:

Klik Start > Control Panel.
Di jendela Control Panel pilih menu “Performance and Maintenance”, kemudian pilih menu “Power Options”.
Di jendela “Power Options Properties” pilih tab menu “Hibernate”, kemudian ceklist pilihan “Enable hibernation” lalu klik tombol “OK”.

Sedangkan untuk meng-hibernate komputer kalian tersebut, caranya adalah dengan menekan tombol “Turn Off Computer” seperti biasa, lalu ketika muncul menu shutdown-nya kalian tekan saja tombol “h” di keyboard kalian, maka secara otomatis komputer kalian pun akan meng-hibernate dirinya.
Bagaimana Cara Mengaktifkan Shortcut Hibernate Pada Desktop Komputer
Nah Sekarang untuk lebih memudahkan kita harus membuat shortcut Hibernate di desktop, caranya adalah silahkan klik kanan dalam halaman desktop anda lalu pilih New -> Shortcut, lalu copy paste tulisan yang berwarna merah ini kedalam kotak yang muncul disana rundll32.exe PowrProf.dll, SetSuspendState (Warning: hati – hati dengan huruf kapital, pastikan harus sama persis, alias tidak kurang ataupun lebih!) lalu klik Next. Lalu rename dengan nama “Hibernate” dan anda dapat mengganti gambar iconnya sesuka anda.

Nah selanjutnya nanti anda hanya tinggal mendouble klik saja disana untuk otomatis lebih mudah mematikan komputer. Atau alternatif lain jika tidak ingin membuat shortcut anda dapat klik Start -> Turn off computer -> Lalu tekan tombol shift (pada keyboard), jangan dilepaskan ya…anda akan melihat perubahan tombol stand by menjadi Hibernate, lalu klik disana.



semoga bermanfaat



share on facebook

Baca Juga



0 komentar:

Posting Komentar

About

Say Something About This.... Katakanlah yang benar untuk
sebuah kebenaran.